Oktober 2024

Audit Mutu Internal dilingkungan Institut Nalanda dilakukan setiap tahun dalam kerangka Sistem Penjaminan Mutu Internal. Audit Mutu Internal dilakukan setiap tahun untuk semua program studi yang ada di Institut Nalanda. Proses audit dibantu oleh auditor internal Institut Nalanda. Penjadwalan audit, instrumen audit, format pelaporan dibuat oleh Lembaga Penjaminan Mutu. Berikut adalah Jadwal AMI:
No. | Program Studi | Nama Auditee | Nama Auditor | Jadwal | Lokasi |
1. | S2 Pendidikan Keagamaan Buddha | Dr. Mettadewi Wong, S.Ag., M.Pd.B.Kemiran, M.Pd.Yesi Pratiwi, S.Pd.Clarisa Enggar Nastiti, S.Ag. | Edi Priyono, M.Pd.B. (Lead Auditor).Joko Setyawan, S.Ag., M.M. | Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00 | Ruang Kaprodi S2 PKB |
2. | S1 Dharma Usada | Frisca Desma Ayu K.W, S.Tr.Keb, M.Kes.Metta Ika Andrayani, SM. | Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M.Pd. (Lead Auditor).Astri Chintya Astana, M.Pd. | Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00 | Ruang Kaprodi S1 DU-Griya Sehat |
3. | S1 Pendidikan Keagamaan Buddha | Ariyanto, S.Pd., M.Pd.Luluk Trikayani, S.Pd. | Ria Restina Robiyanti, M.I.Kom. (Lead Auditor).Tatik Purwaningsih, M.I Kom. | Selasa, 15 Oktober 2024. Pukul 09.00-17.00 | Ruang Kaprodi S1 PKB |
4. | S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini | Susijati, M.Pd.Dewi Agus Sriyani, S.Ag. | Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M.Pd. (Lead Auditor).Ria Restina Robiyanti, M.I.Kom. | Jumat, 18 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00 | Ruang Kaprodi S1 PBPAUD |
5. | S1 Ilmu Komunikasi Buddha | Ria Restina Robiyanti, M.I.Kom.Mitta Gautami Pangestu, SE | Nurul Hidayat, S.Sos.,M.Han (Lead Auditor).Dedi Muliadi, S.E., M.M. | Rabu, 23 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00 | Ruang Kaprodi S1 IKB |
6. | S1 Bisnis dan Manajemen Buddha | Joko Setyawan, S.Ag., M.M.Ririn Yumiana Sari S.Par. | Nurul Hidayat, S.Sos.,M.Han (Lead Auditor).Tatik Purwaningsih, M.I Kom. | Rabu, 16 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00 | Ruang Kaprodi S1 BMB |
Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha

Kegiatan AMI program studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha Institut Nalanda dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S2 PKB bertempat di Ruang Kaprodi S2 PKB lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai tepat waktu yaitu pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya:
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
Kegiatan AMI pada Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha ini selesai pada pukul 16.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S2 PKB:
No. | Tanggal | Jam | Kegiatan Audit |
1. | 15 Oktober 2024 | 09.30 WIB | Pembukaan |
2. | 15 Oktober 2024 | 09.50 WIB | Standar Kompetensi Lulusan |
3. | 15 Oktober 2024 | 10.00 WIB | Standar Isi Pembelajaran |
4 | 15 Oktober 2024 | 10.40 WIB | Standar Proses Pembelajaran |
5. | 15 Oktober 2024 | 11.20 WIB | Standar Penilaian Pembelajaran |
6. | 15 Oktober 2024 | 12.00 WIB | Istirahat |
7. | 15 Oktober 2024 | 13.00 WIB | Standar Dosen Dan Tenaga Kependidikan |
8. | 15 Oktober 2024 | 13.30 WIB | Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran |
9. | 15 Oktober 2024 | 14.00 WIB | Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran |
10. | 15 Oktober 2024 | 14.30 WIB | Standar Pengelolaan Pembelajaran |
11. | 15 Oktober 2024 | 15.00 WIB | Standar Pembiayaan Pembelajaran |
12. | 15 Oktober 2024 | 16.00 WIB | Pendokumentasian, Penyerahan Berita acara – Selesai |
Program Studi S1 Dharma Usada
Kegiatan AMI program studi S1 Dharma Usada Institut Nalanda dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 DU bertempat di Ruang Kaprodi S1 DU-Griya Sehat lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai tepat waktu yaitu pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Dharma Usada ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Dharma Usada (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Dharma Usada ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 DU:
No. | Jam | Kegiatan Audit |
1. | 09.30 – 10.00 WIB | Pembukaan Salam Pembuka, perkenalan, maksud, tujuan, dan lingkup audit mutu internal |
2. | 10.00 – 11.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Kompetensi Lulusan |
3. | 11.00 – 12.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran |
4. | 13.00 – 14.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Proses Pembelajaran |
5. | 14.00 – 15.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran |
6. | 15.00 – 16.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Dosen dan Tenaga Pendidikan |
7. | 16.00 – 16.30 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran |
8. | 16.30 – 17.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Pengelolaan Pembelajaran |
9. | 17.00 – 17.30 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Pembiayaan Pembelajaran |
10. | 17.30 – 18.30 WIB | Penutup Pencetakan dan Penandatangan Berita Acara |

Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha

Kegiatan AMI program studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha Institut Nalanda dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 PKB bertempat di Ruang Kaprodi S1 PKB lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 PKB.
No. | Jam | Kegiatan Audit |
1. | 08.15 WIB | Pembukaan |
2. | 08.20 WIB | Standar Kompetensi Lulusan |
3. | 09.20 WIB | Standar Isi Pembelajaran |
4 | 10.20 WIB | Standar Proses Pembelajaran |
5. | 11.20 WIB | Standar Penilaian Pembelajaran |
6. | 10.06 WIB | Standar Dosen Dan Tenaga Kependidikan |
7. | 11.22 WIB | Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran |
8. | 12.00 WIB | Istirahat |
9. | 13.00 WIB | Lanjutan Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran |
10. | 13.30 WIB | Standar Pengelolaan Pembelajaran |
11. | 14.30 WIB | Standar Pembiayaan Pembelajaran |
12. | 15.00 | Selesai |
Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini
Kegiatan AMI program studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini Institut Nalanda dihari pertama dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 PBPAUD bertempat di Ruang Kaprodi S1 PBPAUD lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini ini selesai pada pukul 16.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 PBPAUD.
No. | Jam | Kegiatan Audit |
1 | 09.30 WIB | Pembukaan |
2 | 10.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Kompetensi Lulusan |
3 | 10.15 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran |
4 | 10.30 WIB | Pelaksanaan Audit standar Proses Pembelajaran |
5 | 10.40 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Dosen dan tenaga kependidikan |
6 | 10.45 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran |
7 | 11.00 WIB | Istirahat |
8 | 13.30 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Pengolaan Pembelajaran |
9 | 15.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Pembiayaan Pembelajaran |
10 | 15.30 WIB | Konfirmasi ulang |
11 | 16.00 WIB | Penutupan |

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha

Kegiatan AMI program studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha Institut Nalanda dilaksanakan pada Rabu, 23 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 IKB bertempat di ruang dosen tetap lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 IKB.
No. | Jam | Kegiatan Audit |
1. | 09.15 WIB | Pembukaan |
2. | 10.00 WIB | Standar Kompetensi Lulusan |
3. | 10.30 WIB | Standar Isi Pembelajaran |
4 | 11.00 WIB | Standar Proses Pembelajaran |
5. | 11.30 WIB | Standar Penilaian Pembelajaran |
6. | 12.00 WIB | Standar Dosen Dan Tenaga Kependidikan |
7. | 13.00 WIB | Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran |
8. | 13.30 WIB | Istirahat |
9. | 14.00 WIB | Lanjutan Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran |
10. | 14.30 WIB | Standar Pengelolaan Pembelajaran |
11. | 15.00 WIB | Standar Pembiayaan Pembelajaran |
Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha
Kegiatan AMI program studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha Institut Nalanda dihari pertama dilaksanakan pada Rabu, 16 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 BMB bertempat di Ruang Kaprodi S1 BMB lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan AMI ini mengalami kemunduran waktu mulai dikarenakan Auditee mengalami keterlambatan dalam perjalanan. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.
- Standar Kompetensi Lulusan
- Standar Isi Pembelajaran
- Standar Proses Pembelajaran
- Standar Penilaian Pembelajaran
- Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
- Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
- Standar Pengelolaan Pembelajaran
- Standar Pembiayaan Pembelajaran
Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 BMB.
No. | Jam | Kegiatan Audit |
1 | 10.00 WIB | Pembukaan |
2 | 10.00 – 10.30 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Kompetensi Lulusan |
3 | 10.30 – 11.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran |
4 | 11.00 – 11.30 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Proses Pembelajaran |
5 | 11.30 – 12.00 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan |
6 | 12.00 – 12.15 WIB | Istirahat |
7 | 12.15 – 12.45 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran |
8 | 12.45 – 13.15 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Pengelolaan Pembelajaran |
9 | 13.15 – 13.45 WIB | Pelaksanaan Audit Standar Pembiayaan Pembelajaran |
10 | 13.45 – 14.15 WIB | Konfirmasi Ulang |
11 | 14.15 – 14.30 WIB | Penutupan |

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2024 Institut Nalanda ini adalah:
- Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini dilakukan dengan baik dan lancar karena seluruh kegiatan ini dapat dilakukan sesuai dengan rencana dan tahapan yang telah ditetapkan.
- Dari 22 orang (10 Auditee, 6 Lead Auditor dan 6 Auditor) yang mengikuti kegiatan AMI ini dapat disimpulkan bahwa keseluruhan mengikuti jadwal sesuai dengan yang sudah ditentukan.
Berdasarkan kritik dan saran yang diberikan, rekomendasi yang dapat diberikan untuk masa datang dalam rangka pelaksanaan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) di Institut Nalanda adalah:
- Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini perlu dilakukan secara berkala sehingga hasil kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) dapat dijadikan acuan bagi Program Studi maupun Institut Nalanda dengan tujuan untuk memastikan bahwa kegiatan sistem mutu telah sesuai dengan ketentuan persyaratan/standar yang berlaku dan juga memastikan bahwa produk yang dihasilkan baik berupa barang/material ataupun jasa/pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan standar yang telah disepakati sehingga bias melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
- Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini perlu penyesuaian jadwal sehingga tidak terhambat ataupun menjadi penghambat kegiatan lainnya agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
- Pemasangan Auditor juga perlu dipertimbangkan kedepannya sehingga auditor-auditor yang terpilih dapat melakukan proses audit dengan maksimal.