Oktober 2024

Audit Mutu Internal dilingkungan Institut Nalanda dilakukan setiap tahun dalam kerangka Sistem Penjaminan Mutu Internal. Audit Mutu Internal dilakukan setiap tahun untuk semua program studi yang ada di Institut Nalanda. Proses audit dibantu oleh auditor internal Institut Nalanda. Penjadwalan audit, instrumen audit, format pelaporan dibuat oleh Lembaga Penjaminan Mutu. Berikut adalah Jadwal AMI:

No.Program StudiNama AuditeeNama AuditorJadwalLokasi
1.S2 Pendidikan Keagamaan BuddhaDr. Mettadewi Wong, S.Ag., M.Pd.B.Kemiran, M.Pd.Yesi Pratiwi, S.Pd.Clarisa Enggar Nastiti, S.Ag.Edi Priyono, M.Pd.B. (Lead Auditor).Joko Setyawan, S.Ag., M.M.Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00  Ruang Kaprodi S2 PKB
2.S1 Dharma UsadaFrisca Desma Ayu K.W, S.Tr.Keb, M.Kes.Metta Ika Andrayani, SM.Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M.Pd. (Lead Auditor).Astri Chintya Astana, M.Pd.Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00Ruang Kaprodi S1 DU-Griya Sehat
3.S1 Pendidikan Keagamaan BuddhaAriyanto, S.Pd., M.Pd.Luluk Trikayani, S.Pd.Ria Restina Robiyanti, M.I.Kom. (Lead Auditor).Tatik Purwaningsih, M.I Kom.Selasa, 15 Oktober 2024. Pukul 09.00-17.00Ruang Kaprodi S1 PKB
4.S1 Pendidikan Buddha Anak Usia DiniSusijati, M.Pd.Dewi Agus Sriyani, S.Ag.Prof. Dr. Ida Ayu Gde Yadnyawati, M.Pd. (Lead Auditor).Ria Restina Robiyanti, M.I.Kom.Jumat, 18 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00Ruang Kaprodi S1 PBPAUD
5.S1 Ilmu Komunikasi BuddhaRia Restina Robiyanti, M.I.Kom.Mitta Gautami Pangestu, SENurul Hidayat, S.Sos.,M.Han (Lead Auditor).Dedi Muliadi, S.E., M.M.Rabu, 23 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00Ruang Kaprodi S1 IKB
6.S1 Bisnis dan Manajemen BuddhaJoko Setyawan, S.Ag., M.M.Ririn Yumiana Sari S.Par.  Nurul Hidayat, S.Sos.,M.Han (Lead Auditor).Tatik Purwaningsih, M.I Kom.Rabu, 16 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00Ruang Kaprodi S1 BMB

Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha

Kegiatan AMI program studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha Institut Nalanda dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S2 PKB bertempat di Ruang Kaprodi S2 PKB lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai tepat waktu yaitu pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya:

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

Kegiatan AMI pada Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S2 Pendidikan Keagamaan Buddha ini selesai pada pukul 16.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S2 PKB:

No.TanggalJamKegiatan Audit
1.15 Oktober 202409.30 WIBPembukaan 
2.15 Oktober 202409.50 WIBStandar Kompetensi Lulusan
3.15 Oktober 202410.00 WIBStandar Isi Pembelajaran
415 Oktober 202410.40 WIBStandar Proses Pembelajaran
5.15 Oktober 202411.20 WIBStandar Penilaian Pembelajaran
6.15 Oktober 202412.00 WIBIstirahat
7.15 Oktober 202413.00 WIBStandar Dosen Dan Tenaga Kependidikan
8.15 Oktober 202413.30 WIBStandar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
9.15 Oktober 202414.00 WIBStandar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
10.15 Oktober 202414.30 WIBStandar Pengelolaan Pembelajaran
11.15 Oktober 202415.00 WIBStandar Pembiayaan Pembelajaran
12.15 Oktober 202416.00 WIBPendokumentasian, Penyerahan Berita acara – Selesai

Program Studi S1 Dharma Usada

Kegiatan AMI program studi S1 Dharma Usada Institut Nalanda dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 DU bertempat di Ruang Kaprodi S1 DU-Griya Sehat lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai tepat waktu yaitu pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Dharma Usada ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Dharma Usada (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Dharma Usada ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 DU:

No.JamKegiatan Audit
1.09.30 – 10.00 WIBPembukaan Salam Pembuka, perkenalan, maksud, tujuan, dan lingkup audit mutu internal
2.10.00 – 11.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Kompetensi Lulusan
3.11.00 – 12.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran
4.13.00 – 14.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Proses Pembelajaran
5.14.00 – 15.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran
6.15.00 – 16.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Dosen dan Tenaga Pendidikan
7.16.00 – 16.30 WIBPelaksanaan Audit Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
8.16.30 – 17.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Pengelolaan Pembelajaran
9.17.00 – 17.30 WIBPelaksanaan Audit Standar Pembiayaan Pembelajaran
10.17.30 – 18.30 WIBPenutup Pencetakan dan Penandatangan Berita Acara

Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha

Kegiatan AMI program studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha Institut Nalanda dilaksanakan pada Selasa, 15 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 PKB bertempat di Ruang Kaprodi S1 PKB lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Pendidikan Keagamaan Buddha ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 PKB.

No.JamKegiatan Audit
1.08.15 WIBPembukaan 
2.08.20 WIBStandar Kompetensi Lulusan
3.09.20 WIBStandar Isi Pembelajaran
410.20 WIBStandar Proses Pembelajaran
5. 11.20 WIBStandar Penilaian Pembelajaran
6.10.06 WIBStandar Dosen Dan Tenaga Kependidikan
7.11.22 WIBStandar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
8.12.00 WIBIstirahat
9.13.00 WIBLanjutan Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
10. 13.30 WIBStandar Pengelolaan Pembelajaran
11.14.30 WIBStandar Pembiayaan Pembelajaran
12.15.00Selesai

Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini

Kegiatan AMI program studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini Institut Nalanda dihari pertama dilaksanakan pada Jumat, 18 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 PBPAUD bertempat di Ruang Kaprodi S1 PBPAUD lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini ini selesai pada pukul 16.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 PBPAUD.

No.JamKegiatan Audit
109.30 WIBPembukaan
210.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Kompetensi Lulusan
310.15 WIBPelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran
410.30 WIBPelaksanaan Audit standar Proses Pembelajaran
510.40 WIBPelaksanaan Audit Standar Dosen dan tenaga kependidikan
610.45 WIBPelaksanaan Audit Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
711.00 WIBIstirahat
813.30 WIBPelaksanaan Audit Standar Pengolaan Pembelajaran
915.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Pembiayaan Pembelajaran
1015.30 WIBKonfirmasi ulang
1116.00 WIBPenutupan

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha

Kegiatan AMI program studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha Institut Nalanda dilaksanakan pada Rabu, 23 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 IKB bertempat di ruang dosen tetap lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Buddha ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 IKB.

No.JamKegiatan Audit
1.09.15 WIBPembukaan 
2.10.00 WIBStandar Kompetensi Lulusan
3.10.30 WIBStandar Isi Pembelajaran
411.00 WIBStandar Proses Pembelajaran
5.11.30 WIBStandar Penilaian Pembelajaran
6.12.00 WIBStandar Dosen Dan Tenaga Kependidikan
7.13.00 WIBStandar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
8.13.30 WIBIstirahat
9.14.00 WIBLanjutan Standar Sarana Dan Prasarana Pembelajaran
10.14.30 WIBStandar Pengelolaan Pembelajaran
11.15.00 WIBStandar Pembiayaan Pembelajaran

Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha

Kegiatan AMI program studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha Institut Nalanda dihari pertama dilaksanakan pada Rabu, 16 Oktober 2024 Pukul 09.00-17.00. Pelaksanaan kegiatan AMI S1 BMB bertempat di Ruang Kaprodi S1 BMB lantai 2. Kegiatan AMI ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan AMI ini mengalami kemunduran waktu mulai dikarenakan Auditee mengalami keterlambatan dalam perjalanan. Kedua Auditor yang bertugas melakukan Proses audit pada 8 Standar Pendidikan yaitu diantaranya.

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi Pembelajaran
  3. Standar Proses Pembelajaran
  4. Standar Penilaian Pembelajaran
  5. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
  6. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  7. Standar Pengelolaan Pembelajaran
  8. Standar Pembiayaan Pembelajaran

Kegiatan AMI pada Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha ini berjalan dengan sangat baik. Setelah hasil AMI sudah ditampung oleh Auditor, Auditor membuat berita acara serta rencana tindak lanjut yang dicetak lalu ditandatangani bersama oleh Auditee. Dokumen berita acara dan rencana tindak lanjut yang sudah ditanda tangani dan didokumentasikan lalu diberikan kepada Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha (Auditee) untuk diarsipkan. Kegiatan AMI Program Studi S1 Bisnis dan Manajemen Buddha ini selesai pada pukul 15.00 WIB. Berikut adalah jadwal proses AMI S1 BMB.

No.JamKegiatan Audit
110.00 WIBPembukaan
210.00 – 10.30 WIBPelaksanaan Audit Standar Kompetensi Lulusan
310.30 – 11.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Isi Pembelajaran
411.00 – 11.30 WIBPelaksanaan Audit Standar Proses Pembelajaran
511.30 – 12.00 WIBPelaksanaan Audit Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan
612.00 – 12.15 WIBIstirahat
712.15 – 12.45 WIBPelaksanaan Audit Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran
812.45 – 13.15 WIBPelaksanaan Audit Standar Pengelolaan Pembelajaran
913.15 – 13.45 WIBPelaksanaan Audit Standar Pembiayaan Pembelajaran
1013.45 – 14.15 WIBKonfirmasi Ulang
1114.15 – 14.30 WIBPenutupan

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2024 Institut Nalanda ini adalah:

  1. Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini dilakukan dengan baik dan lancar karena seluruh kegiatan ini dapat dilakukan sesuai dengan rencana dan tahapan yang telah ditetapkan.
  2. Dari 22 orang (10 Auditee, 6 Lead Auditor dan 6 Auditor) yang mengikuti kegiatan AMI ini dapat disimpulkan bahwa keseluruhan mengikuti jadwal sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Berdasarkan kritik dan saran yang diberikan, rekomendasi yang dapat diberikan untuk masa datang dalam rangka pelaksanaan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) di Institut Nalanda adalah:

  1. Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini perlu dilakukan  secara berkala sehingga   hasil kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) dapat dijadikan acuan bagi Program Studi maupun Institut Nalanda dengan tujuan untuk memastikan bahwa kegiatan sistem mutu telah sesuai dengan ketentuan persyaratan/standar yang berlaku dan juga memastikan bahwa produk yang dihasilkan baik berupa barang/material ataupun jasa/pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan standar yang telah disepakati sehingga bias melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
  2. Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini perlu penyesuaian jadwal sehingga tidak terhambat ataupun menjadi penghambat kegiatan lainnya agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  3. Pemasangan Auditor juga perlu dipertimbangkan kedepannya sehingga auditor-auditor yang terpilih dapat melakukan proses audit dengan maksimal.